Enam Pejabat Kemenag yang Dicopot Lakukan Perlawanan Gugat ke PTUN

Kamis, 23 Desember 2021 – 12:35 WIB

Gedung kementerian Agama (Foto:/riau.kemenag.go.id)

Gedung kementerian Agama (Foto:/riau.kemenag.go.id)

JAKARTA, REQNews - Keenam pejabat di Kementerian Agama yang dicopot oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

"Kalau (menggugat) ke PTUN itu wajib hukumnya," kata mantan Dirjen Bimas Buddha, Caliadi, Rabu 22 Desember 2021.

Caliadi mengungkapkan mereka akan menuntut terkait mekanisme dan proses pencopotan yang dilakukan Menag Yaqut. Dia mempertanyakan apakah pencopotan sudah sesuai dengan prosedur atau hanya intrik belaka.

"Yang kami tuntut itu kan prosesnya, apakah proses yang sesuai PP Nomor 11 tahun 2017," tuturnya.

Caliadi menyampaikan sejumlah tokoh agama sudah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pencopotan tersebut. Dia menyebut jabatan seorang Dirjen merupakan representasi dari umat.

"Lebih-lebih kan sekarang digaungkan moderasi beragama, tapi kenapa semua Dirjen yang non itu disapu bersih gitu kan, ada apa, salahnya apa," ucapnya.

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas memutasi enam pejabat Eselon I di Kemenag ke jabatan fungsional per 6 Desember 2021. Mereka adalah Inspektur Jenderal (Irjen), Kepala Balitbang-Diklat, Dirjen Bimas Kristen, Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Hindu, dan Dirjen Bimas Buddha.