IFBC Banner

Duh, Anggota TNI AL dan AU Diduga Terlibat Kirim TKI Ilegal ke Malaysia

Rabu, 29 Desember 2021 – 12:32 WIB

TNI AL dan TNI AU diduga terlibat pengiriman TKI ilegal (Foto:Istimewa)

TNI AL dan TNI AU diduga terlibat pengiriman TKI ilegal (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Diduga oknum TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) terlibat membantu kegiatan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia.

Temuan tersebut berdasarkan hasil investigasi tragedi tenggelamnya kapal yang menewaskan sejumlah TKI ilegal di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

"Adanya dugaan keterlibatan oknum TNI AL dan oknum TNI AU," ujar Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, Selasa 29 Desember 2021.

Benny pun agakn segera melaporkan hasil temuan investigasi tersebut ke pimpinan masing-masing instansi.

Dia pun berencana bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk membahas permasalahan itu. "Saya akan coba nanti bertemu Panglima TNI," kata Benny.

Sementara itu, ketua tim investigasi, Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah Irjen Achmad Kartiko mengungkapkan peran oknum TNI AU dan TNI AL mulai memberangkatkan TKI ilegal ke bandara hingga pelabuhan.

"Ini masih dalam dugaan, Jadi masih proses pengembangan," timpal Kartiko.

Kartiko mengungkapkan peran TNI tersebut membantu transportasi TKI dari bandara. Kemudian ke lokasi pelabuhan dan sampai dengan proses keberangkatan.

Sebelumnya, Polri menetapkan dua orang berinisial JI dan AS sebagai tersangka dalam kasus kapal tenggelam yang mengangkut TKI di wilayah Johor Bahru, Malaysia. Penetapan tersangka tersebut diperoleh penyidik dari keterangan korban yang selamat.