Bandingkan Kasus Bahar bin Smith dan Denny Siregar, IPW Minta Polda Jabar Jangan Tebang Pilih

Selasa, 04 Januari 2022 – 16:36 WIB

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso (Foto: Istimewa)

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso pun meminta agar Polda Jabar tidak tebang pilih dalam menangani kasus ujaran kebencian Habib Bahar bin Smith dan Denny Siregar. 

Kata Sugeng jangan sampai polisi hanya tegas kepada mereka yang dianggap oposisi, namun orang yang disebut pendukung pemerintah malah kebal hukum.

"Polda Jabar harus profesional dan adil dalam memproses kasus-kasus pidana yang ditangani penyidik Polda," kata Sugeng di Jakarta, Selasa 4 Januari 2022. 

Habib Bahar sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polda Metro Jabar seusai menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Senin 3 Januari 2022. 

Sementara kasus ujaran kebencian yang diduga dilakukan oleh Denny Siregar, juga tidak ada kejelasan sampai sekarang.

"Oleh karena itu kapolda (Jabar) harus memberi atensi dan sikap transparan pada kasus-kasus yang dipertanyakan publik bahkan kalau perlu mencopot penyidik kasus-kasus yang mangkrak," ucap Sugeng.

Sugeng juga menegaskan, agar tidak timbul ketidak percayaan pelapor kasus-kasus pidana maka penyidik wajib bersikap transparan. Di antaranya dengan mengirimkan SP2HP atau surat pemberitahuan pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan atau penyidikan pada pelapor.

Ia menilai penegakan hukum dilakukan adil jika tidak ada tebang pilih penanganan kasus.