Penyakit Otak Misterius Serang Kaum Muda di Kanada, Ini Gejalanya

Kamis, 06 Januari 2022 – 17:05 WIB

Ilustrasi Sakit (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Sakit (Foto:Istimewa)

KANADA, REQNews – Dokter di Kanada kini disibukan dengan penyakit otak misterius yang mendadak timbul dan membingungkan, penyakit ini semakin banyak mempengaruhi kaum muda di negara itu. Dokter mengklaim, penyakit ini menyerang hingga puluhan anak muda di Kanada.

Dikutip dari laman The Sun, penyakit ini mirip dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob, (CJD), penyakit otak yang langka dan fatal, salah satu bentuknya dikenal sebagai "Penyakit Sapi Gila".

Seorang pelapor mengatakan kondisi tersebut mengkhawatirkan para dokter, dua tahun setelah pertama kali ditemukan pada musim semi 2019. Gejala yang dicatat oleh kepala kesehatan termasuk masalah memori, kejang otot, masalah keseimbangan, kesulitan berjalan atau jatuh, halusinasi, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan nyeri pada anggota badan.

Berbicara kepada salah satu karyawan Vitalité Health Network, otoritas kesehatan provinsi Kanada, mengatakan kasus yang dicurigai meningkat pada orang muda. Padahal secara teori, orang-orang muda biasanya tidak berisiko terkena penyakit neurodegeneratif, dan mereka yang sebelumnya tampak sehat.

“Saya benar-benar prihatin dengan kasus-kasus ini karena mereka tampaknya berkembang sangat cepat. Saya mengkhawatirkan mereka dan kami berutang penjelasan kepada mereka," kata sumber itu.

Laporan kasus yang dijelaskan oleh makalah tersebut termasuk seorang ibu muda yang kehilangan hal lalu mengembangkan insomnia dan halusinasi. Wanita berusia 30-an itu kehilangan kemampuan untuk berbicara, mengeluarkan banyak air liur dan sekarang diberi makan melalui selang.

Pengasuhnya, seorang mahasiswa keperawatan berusia 20-an, baru-baru ini mulai menunjukkan gejala penyakit tersebut. Dalam kasus lain yang membingungkan, seorang wanita tiba-tiba mulai kehilangan massa otot dan mengalami demensia dan halusinasi setelah merawat suaminya, seorang pasien yang diduga mengalami kesulitan keseimbangan dan bicara.

Sekitar 48 kasus telah dikonfirmasi oleh Kesehatan Masyarakat New Brunswick (NBPH) - angka yang tidak berubah dalam dua tahun. Tapi diduga ada lusinan lagi, berpotensi 150 kasus tanpa disadari.

Ada delapan kematian yang dilaporkan, tetapi para pejabat mengatakan mereka tidak dapat menjamin penyakit otak misterius yang harus disalahkan atas kematian tersebut.