Santriwati Korban Herry Wirawan Tuntut Ganti Rugi Rp330 Juta

Jumat, 07 Januari 2022 – 22:03 WIB

Ustaz Cabul Herry Wirawan (Foto:Istimewa)

Ustaz Cabul Herry Wirawan (Foto:Istimewa)

BANDUNG, REQNews - Belasan santriwati korban pemerkosaan Herry Wirawan, pendiri sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Madani Boarding Schoolmengajukan restitusi atau ganti rugi.

Para korban meminta ganti rugi sebesar Rp330 juta. Nilai restitusi tersebut berdasarkan perhitungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terhadap penderitaan yang dialami 13 santriwati.

Nilai restitusi tersebut terungkap dalam sidang lanjutan kasus asusila yang dilakukan Herry di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis 6 Januari 2022 kemarin.

"Restitusi untuk korban yang dihitung oleh LPSK totalnya berjumlah hampir Rp330 juta," ungkap Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Dodi Gazali Emil, Jumat 7 Januari 2022.

Dodi menjelaskan besaran restitusi untuk setiap korban nilainya berbeda-beda. "Besaran restitusi setiap korban beda-beda, jadi secara teknis tidak bisa dijelaskan juga. Cuma ya total keseluruhan yang dikumpulkan, yang dibuat LPSK sekitar Rp330 juta, teknisnya kita tidak bisa menjelaskan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, belasan santriwari korban pemerkosaan Herry Wirawan menuntut restitusi atau ganti rugi atas penderitaan yang dialaminya. Diketahui, para korban yang masih di bawah umur itu harus menderita karena menjadi korban kebiadaban Herry Wirawan. Selain diperkosa berulang kali, mereka pun hamil hingga melahirkan. Bahkan, ada korban yang hamil lebih dari sekali.