KPK Siap Tindaklanjuti Laporan terhadap Gibran dan Kaesang, Wah Jokowi Ketar-ketir Gak Nih?

Senin, 10 Januari 2022 – 22:33 WIB

Gibran dan Kaesang

Gibran dan Kaesang

JAKARTA, REQnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji menindaklanjuti laporan terhadap dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep atas dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, laporan terhadap Gibran dan Kaesang itu sudah diterima bagian persuratan.

"KPK akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat tersebut," kata Ali di Jakarta, Senin 10 Januari 2022.

Namun, sebelumnya KPK akan melakukan verifikasi dan pendalaman data dalam laporan itu, agar dapat ditentukan apakah bisa ditindaklanjuti, atau hanya sekadar diarsipkan.

Menurut Ali, verifikasi penting dilakukan sebagai pintu awal apakah pokok aduan tersebut sesuai UU yang berlaku. Termasuk, ranah tindak pidana korupsi dan menjadi kewenangan KPK atau tidak.

"Apabila aduan tersebut menjadi kewenangan KPK tentu akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku," ujarnya.

"KPK mengapresiasi pihak-pihak yang terus gigih mengambil peran dalam upaya pemberantasan korupsi," kata Ali menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Gibran dan Kaesang dilaporkan ke KPK oleh Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedillah Badrun dalam dugaan korupsi TPPU.

Dugaan TPPU itu berkaitan dengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) relasi bisnis dua anak Presiden Jokowi tersebut dengan salah satu perusahaan besar berinisial PT SM.

Dia meminta KPK menyelidiki dan meminta presiden dipanggil agar perkara dimaksud menjadi jelas dan terang benderang.