IFBC Banner

Catat! Puan Maharani Janji Pekan Depan RUU TPKS Akan Disahkan Jadi Inisiatif DPR

Selasa, 11 Januari 2022 – 17:00 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Istimewa)

Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Setelah beberapa kali tertunda, Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) dijadwalkan akan disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani berjanji pekan depan, Selasa 18 Januari 2022 sudah dapat disahkan. 

IFBC Banner



"Sehingga insya Allah minggu depan, Selasa tanggal 18 Januari RUU TPKS akan dapat disahkan sebagai RUU inisiatif DPR RI," ucap Puan dalam pidatonya Rapat Paripurna DPR yang berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa 11 Januari 2022. 

Berdasarkan laporan Sekretariat Jenderal DPR RI, Rapat Paripurna perdana DPR di 2022 ini dihadiri oleh total 334 anggota DPR, di mana 99 anggota hadir secara fisik dan 235 hadir secara virtual.

Setelah disahkan jadi RUU inisiatif DPR, kata Puan, RUU TPKS akan dibahas dewan bersama pemerintah.

Seperti diketahui, sejumlah pihak terus mendorong dan mendesak agar RUU TPKS segera disahkan. Pembahasan RUU itu mandek di DPR sejak 2016 silam.

Padahal, kasus-kasus pelecehan hingga pemerkosaan belakangan banyak terjadi. Di rapat paripurna akhir 2021, DPR pun tak jua mengesahkan RUU itu sebagai inisiatif lembaga legislatif tersebut dengan dalih persoalan teknis. Hingga akhirnya Jokowi buka suara terkait RUU TPKS. Dia berharap RUU itu segera dibahas dan disahkan agar korban kekerasan seksual mendapat perlindungan dan kepastian hukum.