IFBC Banner

Usai Terima Laporan Terkait Gibran-Kaesang, Ini yang Akan Dilakukan KPK

Rabu, 12 Januari 2022 – 11:05 WIB

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Foto:Instagram itnbcampus)

Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep (Foto:Instagram itnbcampus)

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menindaklanjuti laporan terhadap dua anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka.

IFBC Banner


KPK memastikan tidak akan tebang pilih dan akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"KPK tidak melihat anak siapa, tidak melihat bapaknya siapa, KPK akan menindaklanjuti sesuai prosedur ketentuan peraturan perundang-undangan maupun SOP di KPK," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Januari 2022.

Ghufron mengatakan pihaknya bakal menyamakan laporan itu dengan yang lainnya. Datanya bakal ditindaklanjuti jika dinyatakan lengkap.

"Apakah layak dilidik atau tidak setelah kemudian dilidik baru kemudian naik ekspos untuk sidik atau tidak, lidik baru naik ke penuntutan atau tidak, putusan, sidang, dan selanjutnya," ujar Ghufron.

Sebelumnya, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan Kaesang dan Gibran ke KPK pada 10 Januari 2022. Ubed menilai ada penyelewengan yang dilakukan oleh perusahaan yang dibangun kedua anak presiden tersebut.