IFBC Banner

Komnas Perempuan Diusir saat Rapat dengan DPR, Desmond:Enggak Ada Etikanya

Kamis, 13 Januari 2022 – 14:03 WIB

Desmond J. Mahesa (Foto:dpr.go.id)

Desmond J. Mahesa (Foto:dpr.go.id)

JAKARTA, REQNews - Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Perempuan diusir Pimpinan Komisi III DPR. Pengusiran ini karena Komnas Perempuan terlambat mengikuti rapat sesuai jadwal yang ditentukan.

IFBC Banner


Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa tiba-tiba menyela ketika Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik memberikan pemaparan di ruang rapat.

Seketika rapat berhenti setelah Desmond sebagai pimpinan rapat meminta Komnas Perempuan untuk tidak boleh mengikuti agenda rapat tersebut.

"Anda tidak menghormati forum. Karena hadir telat, silakan di luar dulu. Langsung duduk enggak ada etikanya, harusnya izin dulu," kata Desmond dari kursi pimpinan sidang.

Saat itu Ketua Komnas Perempuan Andy Yentryani memberikan alasan yang membuat pihaknya terlambat masuk ke dalam ruang rapat Komisi III DPR. Dalam penjelasannya, dia menyampaikan telah mengikuti secara online sejak pukul 10.00 WIB. Penjelasan itu tidak dapat diterima oleh Desmond.

"Silakan keluar. Memang Anda tidak menghormati, rapat pukul 10.00 WIB," ucap Desmond.

Desmond berpesan agar lebih disiplin ketika mengikuti jadwal rapat bersama DPR.

"Lain kali datang tepat waktu dan jangan langsung nyelonong. Harusnya kasih tahu Sekretariat, boleh enggak kita masuk? Boleh, baru duduk. Ini kan ada etikanya parlemen," ucapnya.

Upaya meyakinkan pimpinan Komisi III ditolak, Andy Yentryani bersama jajarannya kemudian meninggalkan ruangan.