Jelang Ajang Balap MotoGP Mandalika 2022, Jokowi Siapkan 300 Home Stay di Lombok Tengah

Kamis, 13 Januari 2022 – 18:02 WIB

Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan fasilitas dan infrastruktur di Mandalika pada Kamis 13 Januari 2022 (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan fasilitas dan infrastruktur di Mandalika pada Kamis 13 Januari 2022 (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, REQnews - Jelang ajang balap MotoGP 2022 di Mandalika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) siapkan 300 home stay di Lombok Tengah.

Jokowi berharap agar Sirkuit Mandalika tidak hanya dikenal sebagai tampat balap motor saja, namun bisa memberikan dampak positif secara ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Pernyataan tersebut Jokowi katakan dalam kunjungannya meninjau sejumlah kesiapan infrastruktur di Lombok, Nusa Tenggara Barat, termasuk Sirkuit Mandalika jelang perhelatan MotoGP 2022. 

“Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 13 Januari 2022.

Berapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika pun telah dibangun home stay yang disiapkan oleh pemerintah daerah dibantu pemerintah pusat. “Sekarang siap 300 home stay. Kita harapkan nanti pada saat penyelenggaraan MotoGP semuanya terisi penuh,” lanjutnya.

Jokowi pun optimistis, dalam pagelaran event MotoGP 2022 bisa memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat di sekitar kawasan Ekonomi khusus (KEK) pariwisata Mandalika.

“Tadi saya sudah mengecek satu per satu dari home stay-home stay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PU dan nanti kita lihat bulan maret apakah ini terisi atau tidak. Menurut saya insyaallah terisi semuanya,” kata dia.

Dalam kunjungannya ke Lombok, Jokowi telah meninjau di bandara, memeriksa protokol kesehatan, infrastruktur jalan bypass dari bandara menuju Mandalika.

“Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, Sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan, dan saya minta tadi dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan,” ujarnya.