Asiap! RUU Ibu Kota Baru Disahkan 18 Januari 2022

Jumat, 14 Januari 2022 – 00:05 WIB

Desain Istana Negara di ibu kota baru

Desain Istana Negara di ibu kota baru

JAKARTA, REQnews - RUU Ibu Kota Negara (IKN) akan kembali dilanjutkan pembahasannya pada Senin 17 Januari 2022 mendatang, dan rencananya akan disahkan menjadi undang-undang dalam paripurna oleh DPR RI pada 18 Januari.

"Senin kita bahas lebih panjang, mudahan malam itu raker selesai sudah. Insya Allah, paripurna tanggal 18," kata Ketua Pansus RUU IKN Ahmad Doli Kurnia di Jakarta, Kamis 13 Januari.

Doli menjelaskan, ada empat poin yang menjadi fokus pembahasan. Di antaranya adalah status pemerintah daerah di ibu kota baru di Kalimantan Timur, lalu soal pembiayaan dan pendanaan.

Menurut Doli, sebagian besar anggota Pansus meminta agar pembangunan ibu kota negara di Kabupaten Penajam Paser Utara tak terlalu membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Soal pertanahan, pertanahan ini berkaitan dengan message-nya adalah supaya memang ini betul-betul clear and clean. Ini betul-betul tanah negara, bukan tanah yang kemudian konsesi, apalagi tanah masyarakat yang ada potensi konflik," ujar Doli.

Lalu terkait rencana induk atau masterplan IKN yang masih diperdebatkan oleh mayoritas anggota Pansus. Doli menjelaskan, dalam rencana induk berisi panduan pemindahan ibu kota negara.

"Karena ini masalah penting, masterplan ini juga harus melibatkan masyarakat. Bentuk pelibatan masyarakat itu kan selama ini selalu pembicaraan antara pemerintah dan DPR, jadi kita mendorong masterplan itu pada hal-hal prinsip," kata dia.