IFBC Banner

Sirhan Sirhan Si Pembunuh Robert F Kennedy Gagal Bebas Bersyarat

Jumat, 14 Januari 2022 – 07:24 WIB

Foto: eeradicalization.com

Foto: eeradicalization.com

Los Angeles, REQNews.com -- Sirhan Sirhan, pria Palestina pembunuh Robert F Kennedy, gagal mendapat pembebasan bersyarat dan menghirup udara.

Gubernur California Gavin Newsome menolak saran dewan pembebasan bersyarat untuk membebaskan Sirhan Sirhan yang telah menghabiskan lebih setengah abad usianya di balik jeruji.

"Pembunuhan Robert F Kennedy, senator dan calon presiden AS saat itu, adalah salah satu kejahatan paling terkenal dalam sejarah Amerika," kata Newsome.

"Setelah lima dekade di penjaran, Sirhan Sirhan gagal mengatasi kekurangan yang membuatnya membunuh Bob Kennedy, panggilan populer Robert F Kennedy," lanjut Newsome.

Menurut Newsome, Sirhan Sirhan tidak memiliki wawasan yang akan mencegahnya membuat keputusan berbabaya, seperti yang dibuatnya di masa lalu.

Sirhan Sirhan membunuh Bob Kennedy pada 5 Juni 1968. Ia menembakan seluruh isi pistol-nya ke tubuh senator dan calon presiden dari Partai Demokrat.

Saat itu jalan Bob Kennedy ke Gedung Putih terbuka lebar. Ia akan mengikuti jejak John F Kennedy, saudaranya.

Jaksa mengatakan motif pembunuhan Bob Kennedy adalah balas dendam atas dukungan AS untuk Israel selama perang Juni 1967. Kemarahan Sirhan Sirhan semakin tinggi setelah Bob Kennedy menyatakan AS perlu terus mendukung Israel.

Semula, Sirhan Sirhan dijautuhi hukuman mati. Tahun 1972 hukuman diubah menjadi seumur hidup setelah negara bagian California melarang hukuman mati.

Kini, Sirhan Sirhan berusia 77 tahun dan telah menghabiskan setengah abad lebih di balik jeruji. Agustus 2021, dewan pembebasan bersyarat negara bagian merekomendasi pembebasannya.

Saat itu, tidak ada jaksa yang menghadiri sidang pembebasan bersyarat. Jaksa wilayah Los Angeles George Gascon tidak mencampuri proses ini.

Newsome dan Gascon berasal dari Partai Demokrat. Keduanya berkomitmen mereformasi peradilan pidana. Newsome mengatakan penolakan Sirhan Sirhan menerima tanggung jawab dan kegagalannya menyangkal kekerasan yang dilakukan atas namanya membebani pembebasannya dari penjara.

Berulang kali Newsome menyebut Robert F Kennedy sebagai pahlawan politik. Newsome menyimpan foto ayahnya bersama Bob Kennedy.

Bulan lalu, putra Robert F Kennedy mendesak Newsome melepaskan si pembunuh dengan mengatakan pembebasannya mencerminkan warisan ayah saya.

"Sirhan Sirhan tidak lagi menimbulkan ancaman bagi masyarakat," kata Robert F Kennedy Jr, putra Bob Kennedy.

Namun, enam dari sembilan saudara Robert F Kennedy Jr tidak setuju dan menentang keras pembebasan itu. Newsome tampaknya mendengar mereka.