Kasihan Para Lansia Ini, Dijanjikan Jadi Veteran Hingga Merugi Miliaran Rupiah

Sabtu, 15 Januari 2022 – 17:01 WIB

Ilustrasi Veteran (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Veteran (Foto:Istimewa)

NTT, REQNews - Sungguh kasihan nasib 52 orang lansia di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, ini merugi hingga mencapai miliaran rupiah karena tertipu oleh calo Veteran.

Setelah menyetor uang tapi janji dijadikan veteran oleh calo tak kunjung direalisasikan. Merasa ditipu 52 lansia ini kemudian melapor ke Polres TTU, Jumat, 14 Januari 2022.

Matheus Tfulin, salah satu korban penipuan kepada wartawan mengatakan, dia bersama 51 temannya, telah ditipu oleh Yulius Besin bersama Mikhael Kusi dan Yakobus Abi.

“Hari ini kami mendatangi Polres TTU untuk melaporkan Pa Lius Besin bersama dua temannya yakni Mikhael Kusi dan Yakobus Abi, karena telah menipu kami 52 orang. Mereka telah mengambil uang dari kami sejak tahun 2020 lalu," ungkap Matheus, Sabtu 15 Januari 2022.

Menurut Matheus, jumlah uang yang diambil dari masing-masing korban bervariasi.

“Bervariasi, ada yang kasih 24 juta lebih, ada yang kasih 30 juta. Jadi jika ditotalkan semua, jumlahnya mencapai Rp1 M lebih.

“Mereka berjanji bahwa dalam waktu enam bulan kami akan langsung dapat SK, tapi sampai hari ini SK itu pun tak kunjung datang," ujarnya.

Matheus menjelaskan, uang yang diberikan kepada oknum yang diduga telah menipu tersebut, ada yang disetor dalam bentuk tunai, ada juga yang disetor melalui rekening.

“Saat kami setor, kami pergi sama-sama dengan istri kami masing-masing. Memang tidak ada kwitansi tapi ada saksi. Kalau yang disetor melalui rekening bukti penyetoran semuanya ada," katanya.

Setelah melaporkan ke Polres TTU, mereka diarahkan untuk melaporkan permasalahan ini ke Polres Belu, dengan alasan bahwa terduga pelaku penipuan ini berasal dari kabupaten Belu.

“Kami diarahkan oleh pak polisi untuk melaporkan kasus ini ke Polres Belu, karena menurut polisi terduga pelaku penipuan ini berasal dari Belu," tambah Matheus.