IFBC Banner

Dahsyatnya Gempa Banten, 1.378 Rumah Warga Rusak

Minggu, 16 Januari 2022 – 01:43 WIB

Ilustrasi gempa

Ilustrasi gempa

JAKARTA, REQnews - Gempa berkekuatan Magnitudo 6,6 yang terjadi pada Jumat 14 Januari 2022 lalu, yang berpusat di wilayah Banten, benar-benar mengakibatkan kerusakan yang cukup parah.

Pusat Pengandalian Operasi BNPB mencatat, ada sebanyak 1.378 rumah warga di Banten rusak akibat gempa itu. Data ini diperbarui pada Sabtu 15 Januari 2022 sore.

"Tercatat 278 unit rumah mengalami rusak berat, 323 unit rumah rusak sedang dan 777 unit rumah rusak ringan," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi.

Muhari menyebut, daerah yang paling terdampak gempa ialah Kabupaten Pandeglang dengan 262 unit rumah rusak berat, 289 unit rumah rusak sedang dan 663 unit rumah rusak ringan.

"Kemudian Kabupaten Lebak dengan 16 unit rumah rusak berat, 13 unit rumah rusak sedang dan 108 unit rumah rusak ringan. Serta Kabupaten Serang terdapat 10 unit rumah rusak sedang," ujarnya.

Tak hanya di Banten, kerusakan juga terjadi di wilayah Jawa Barat. Ada tiga rumah warga di Sukabumi mengalami kerusakan sedang dan enam lainnya rusak ringan.

"Sementara itu terdapat delapan unit rumah rusak ringan di Kabupaten Bogor," kata Muhari.

Seperti diketahui, gempa ini disebut berkekuatan besar yang terasa hingga wilayah Jawa Barat dan Jakarta. Saat terjadi guncangan, terpantau warga ibu kota panik berhamburan keluar gedung.