Jika Azis Syamsuddin Jujur dalam Persidangan, Hakim Sebut Akan Jadi Alasan Meringankan Hukuman

Senin, 17 Januari 2022 – 23:37 WIB

Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diminta (Foto: Istimewa)

Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diminta (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diminta majelis hakim untuk memberikan keterangan yang jujur sebagai terdakwa. Hal itu disampaikan oleh Hakim Ketua Muhammad Damis dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap ke mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju.


"Majelis meminta agar Saudara memberikan keterangan yang jujur di pemeriksaan ini" ucap Muhammad Damis dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin 17 Januari 2022.


Dalam sidang ini, Azis Syamsuddin didakwa memberi suap ke mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju alias Robin dan Maskur Husain sekitar Rp 3,6 miliar.

Jaksa mengatakan Azis memberi suap itu dengan maksud agar AKP Robin selaku penyidik KPK saat itu mengurus kasus yang melibatkan namanya dan Aliza Gunado. Azis disebut jaksa memberi suap agar dia dan Aliza Gunado tidak menjadi tersangka KPK berkaitan dengan kasus DAK Lamteng 2017.

Sementara itu, hakim mengingatkan apabila Azis jujur dalam memberikan keterangan maka itu akan menjadi variabel yang dapat menjadi pertimbangan meringankan hukuman jika nantinya Azis terbukti melakukan tindak pidana yang didakwakan.

Sebab, seluruh keterangan yang disampaikan oleh Azis akan dicatat oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Majelis Hakim. Oleh karenanya, ia diminta untuk kooperatif dan terbuka dalam kasus tersebut.

Mendengar peringatan hakim, Azis kemudian menyanggupi permintaan tersebut. Ia mengaku bakal memberikan keterangan yang sebenarnya pada sidang hari ini.

"Iya yang mulia," katanya dalam persidangan.

 

Seperti diketahui AKP Robin sudah dijatuhi vonis oleh majelis hakim. Robin divonis 11 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Ia dinyatakan bersalah bersalah menerima suap dari sejumlah orang yang totalnya Rp 11,538 miliar berkaitan dengan penanganan perkara di KPK. Salah satu uang yang diterima Robin terbukti dari Azis Syamsuddin.