Ngeri! Ketegangan Meningkat, AS Kirim Kapal Selam Terkuat ke Guam Bawa 20 Rudal Balistik

Senin, 17 Januari 2022 – 22:32 WIB

Kapal Selam USS Nevada (Foto:Istimewa)

Kapal Selam USS Nevada (Foto:Istimewa)

AMERIKA, REQNews - Amerika Serikat mengirimkan kapal selam USS Nevada ke Guam pada akhir pekan lalu. Kapal ini merupakan salah satu yang terkuat dimiliki angkatan laut AS.

Dikutip dari CNN, kunjungan kapal yang membawa 20 rudal balistik ini dilakukan di tengah peningkatan ketegangan di kawasan Indo-Pasifik.

"Kunjungan ke pelabuhan itu memperkuat kerja sama antara AS dan sekutu di kawasan itu, menunjukkan kemampuan, fleksibilitas, kesiapan, dan komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik," demikian pernyataan Angkatan Laut AS, Senin 17 Januari 2022.

Ini merupakan kunjungan kapal selam pembawa rudal balistik pertama sejak 2016, dan yang kedua sejak 1980.

Pergerakan 14 kapal selam milik AS yang biasa disebut "boomer" ini biasanya sangat dirahasiakan. Analis menilai, pergerakan yang terlihat ini memang disengaja untuk menunjukkan pernyataan tegas AS di tengah ketegangan kawasan.

Belakangan, AS bersitegang dengan Cina soal status Taiwan. AS juga terus memprotes uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara.

Seorang mantan kapten kapal selam Angkatan Laut AS yang kini menjadi analis di Center for a New American Security, Thomas Shugart, menganggap Washington ingin menunjukkan kemampuan nuklir mereka tak bisa disamakan oleh Cina maupun Korea Utara.

"[Pengerahan kapal ini] mengirimkan pesan, baik disengaja atau tidak bahwa: kami bisa menempatkan hulu ledak nuklir di depan pintu kalian dan tanpa sepengetahuan kalian dan kalian tak bisa berbuat apa-apa," kata Shugart.

Analisis dari sejumlah ahli di Center for Strategic and International Studies (CSIS) memang menunjukkan keunggulan kapal AS ini ketimbang armada Cina.

Berdasarkan analisis itu, kapal selam pembawa rudal balistik milik Cina tak punya kapabilitas seperti USS Nevada.

Kapal selam rudal balistik Type 094 milik Cina, misalnya, lebih berisik dua kali lipat ketimbang armada AS. Alhasil, kapal Cina lebih mudah terdeteksi.

Selain itu, jumlah rudal dan hulu ledak nuklir yang bisa dibawa kapal Type 094 juga lebih sedikit ketimbang kapal selam milik AS.