Haris Azhar dan Fatia Dijemput Paksa 5 Polisi, Upaya Pembungkaman?

Selasa, 18 Januari 2022 – 10:37 WIB

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar (Foto: Istimewa)

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar dikabarkan didatangi sejumlah polisi di kediamannya pada Selasa 18 Januari 2022, sekitar pukul 08.00 WIB.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator bidang Riset dan Mobilisasi KontraS, Rivanlee Anandar. Ia menyebut Haris dan juga Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti didatangi empat hingga lima orang polisi pada pagi tadi, untuk dibawa ke Polda Metro Jaya.

"Pagi tadi (18/1), Fatia (Koordinator KontraS) dan Haris didatangi 4-5 polisi di kediamannya masing-masing untuk dibawa ke Polda Metro Jaya," kata Rivanlee dalam keterangan tertulisnya pada Selasa 18 Januari 2022.

Namun, Rivan mengatakan keduanya menolak penjemputan tersebut. Haris dan Fatia memilih untuk berangkat sendiri ke Polda pada siang ini. "Mereka menolak dan memilih untuk datang sendiri ke Polda siang ini," kata dia 

Rivanlee pun meminta dukungan kepada masyarakat untuk mengawal kasus tersebut. "Mari kawal bersama upaya pembungkaman kebebasan berekspresi ini! #SelamatkanKebebasanBerekspresi," ujarnya.

Fatia dan Haris Azhar dilaporkan ke polisi oleh Luhut Binsar Pandjaitan terkait video yang diunggah di akun YouTube dengan judul "Ada Lord Luhut Di balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!" yang berisi perbincangan antara Haris Azhar dan Fatia.

Laporan terhadap Haris dan Fatia itu terdaftar dengan nomor STTLP/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA, 22 September 2021.