Heboh Akun KPK Jual Foto Koruptor di NFT, Ali Fikri: KPK Tidak Pernah Lakukan Kegiatan Ekonomi

Rabu, 19 Januari 2022 – 18:04 WIB

Plt Jubir KPK, Ali Fikri (Foto:Istimewa)

Plt Jubir KPK, Ali Fikri (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak pernah membuat akun di market place NFT (nonfungible token) OpenSea dan menjual sejumlah foto narapidana korupsi dan mantan narapidana korupsi.

"KPK tidak pernah membuat akun di market place tersebut," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu 19 Januari 2022.

Karena itu, KPK meminta masyarakat mewaspadai penyalahgunaan akun yang mengatasnamakan dan menggunakan logo KPK di OpenSea tersebut.

"KPK meminta masyarakat mewaspadai penyalahgunaan akun yang mengatasnamakan KPK dan menggunakan logo KPK di sebuah market place yang informasinya beredar di publik saat ini," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri.

Ali menekankan, KPK tidak pernah melakukan kegiatan ekonomi atau yang bertujuan mendapat keuntungan ekonomi melalui medium atau platform apa pun.

"KPK tidak pernah melakukan kegiatan melalui medium atau platform apa pun yang bersifat komersial, jual-beli dan kegiatan ekonomi lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi," katanya.

Ali meminta dan mengingatkan seluruh pihak untuk tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK untuk kepentingan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Jika masyarakat menemukan dugaan penipuan menggunakan nama dan logo KPK silakan menghubungi aparat penegak hukum terdekat atau menghubungi call center KPK 198," katanya.