Anak Anggota DPRD Tapanuli Selatan Dibekuk Polisi, Ini Kasusnya

Jumat, 21 Januari 2022 – 17:32 WIB

Ilustrasi penangkapan (Foto: Istimewa)

Ilustrasi penangkapan (Foto: Istimewa)

SUMATERA UTARA, REQnews - Seorang anak anggota DPRD Tapanuli Selatan berinisial RSS (32) ditangkap terkait dengan kepemilikan senjata api ilegal di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

Penangkapan tersebut pun dibenarkan oleh Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana. "Benar, pemilik senjata api rakitan jenis re volver yang kita tangkap kemarin merupakan anak dari salah satu anggota DPRD Tapsel," kata Roman pada Jumat 21 Januari 2022.

Roman mengatakan bahwa RSS ditangkap ketika sedang nongkrong di salah satu warung di samping pos polisi lalulintas di Desa Hapesong, Kecamatan Batang Toru.

Dari penangkapan tersebut, pihak kepolisian menyita sepucuk senjata api jenis pistol revolver, serta 4 butir amunisi dari tangan RSS.

"Penangkapan berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat pada awal Januari 2022 lalu. Setelah ditelusuri, informasi tersebut ternyata benar," lanjutnya.

Kepada penyidik RSS mengaku belum pernah menggunakan senjata untuk melakukan aksi tindak pidana, namun pernah ditembakkan sekali.

"Pistol revolver itu didapat RSS dari seorang rekannya berinisial A pada Desember 2021 lalu. Dia membayar Rp 1 juta untuk pistol revolver dan 5 butir pelurunya," kata dia.

"Tersangka saat ini kita tahan. Kita juga masih mengembangkan ini untuk mencari pemasok senjata tersebut," ujar Rohman.

Karena perbuatannya itu, tersangka dijerat Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1951.