Waduh, Protes Arteria Dahlan di Subang Berujung Ricuh, Kantor Bupati Rusak

Jumat, 21 Januari 2022 – 18:32 WIB

Demo Arteria Dahlan di kantor Bupati Subang (Foto:iNews/Yudi Heryawan Juanda)

Demo Arteria Dahlan di kantor Bupati Subang (Foto:iNews/Yudi Heryawan Juanda)

JAKARTA, REQNews - Protes terhadap pernyataan anggota DPR RI Arteria Dahlan yang dianggap rasis terhadap orang Sunda di depan kantor Bupati Subang berujung ricuh pada Jumat, 21 Januari 2022.

Adu dorong antara massa demo dengan Kepolisian dan Satpol PP tidak terelakan.

Akhirnya massa demo berhasil masuk kantor Bupati dan hal itu menyebabkan kaca pecah.

Ketua Sundawani Subang, Yosep Suyono mengaku tak terima dengan pernyataan Arteria soal bahasa Sunda. Yosep meminta agar Arteria dipecat dari keanggotaan DPR RI.

"Kami orang Sunda, khususnya kami dari Sundawani Wirabuana meminta saudara Arteria diberhentikan keanggotaannya dari DPR RI karena dia telah memecah bangsa. Bisa dikatakan membelah NKRI," kata Yosep pada Jumat 21 Januari 2022.

Tak hanya itu, pihaknya juga ingin Arteria diproses secara hukum. menurutnya, pernyataan Arteria mempunyai unsur pidana.

"Karena kami menemukan unsur pidana di dalamnya yakni ujaran kebencian, perbuatan tidak menyenangkan dan mengganggu stabilitas negara," ucap dia.

Sebelumnya, Arteria menyuarakan kritik dan desakan kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk mencopot seorang kepala kejaksaan tinggi (Kajati) di Jawa Barat (Jabar) yang sempat berbahasa Sunda dalam rapat.