4 Orang Tewas dalam Tragedi Kecelakaan Maut di Lampu Merah Muara Rapak! Begini Kronologisnya

Jumat, 21 Januari 2022 – 19:13 WIB

Kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Foto: CCTV)

Kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur (Foto: CCTV)

BALIKPAPAN, REQnews - Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menyebut jika korban tewas dalam kecelakaan yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Kecamatan Balikpapan Utara berjumlah 4 orang. Sedangkan 21 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Untuk sementara korban meninggal dunia itu 4," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo kepada wartawan pada Jumat 21 Januari 2022.

Yusuf pun mengklarifikasi terkait informasi sebelumnya jika korban tewas 5 orang. "Kalau memang tadi pagi tersampaikan 5, kami mohon maaf, ternyata yang 1 masih kritis. (Kemudian) luka ringannya 17, luka berat 4," tambahnya.

Saat ini, ia mengatakan bahwa korban kritis dan luka-luka masih dirawat di rumah sakit terdekat. "Dirujuk ke 4 rumah sakit yang berbeda," kata dia.

Satu korban yang kritis merupakan seorang pria yang mengemudikan mobil minibus berwarna merah bersama istri dan anaknya.

Sebelumnya Direktur Lalu-lintas (Dirlantas) Polda Kaltim, Kombes Sonny Irawan dalam keterangan tertulisnya mengungkap kronologi kecelakaan tersebut. 

Awalnya truk dengan muatan kontener 20 fit berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton hendak di antar ke Kampung Baru Balikpapan Barat. 

Sonny mengatakan bahwa sesampai di depan Rajawali Foto Km 0,5 supir truk sudah mulai mengurangi persneling dari 4-3.

Namun sesampai di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi dan truk tersebut meluncur hingga menabrak puluhan kendaraan yang ada di Lampu Merah Muara Rapak.

Akibat dari kecelakaan tersebut, 10 unit sepeda motor, 6 kendaraan roda empat ringsek terlindas truk. Saat ini, para korban pun telah dilarikan ke tiga rumah sakit terdekat.