UU Ibu Kota Negara Bakal Digugat ke MK, DPR: Tidak Ada Masalah!

Senin, 24 Januari 2022 – 05:01 WIB

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar

JAKARTA, REQnews - Rencana sejumlah pihak yang berencana menggugat UU Ibu Kota Negara (IKN), ditanggapi santai oleh pimpinan DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mempersilakan bila ada yang ingin membawa UU IKN tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tidak ada masalah. Setiap UU yang kita produk pasti ada pro dan kontra. DPR siap saja jika nanti diuji di MK," kata Cak Imin di Bantul, DIY, Minggu 23 Januari 2022.

Adapun bila diuji di MK, Cak Imin memastikan DPR akan menyiapkan ahli dan anggotanya dari proses pembuatan UU itu untuk ikut serta.

Kepada pihak yang akan menggugat UU IKN di MK, Cak Imin meminta agar ditunjukkan pasal-pasal mana saja yang dinilai tidak sesuai sehingga bisa dilakukan perbaikan.

"Yang lebih penting adalah tunjukkan pasal-pasal mana yang memang harus menjadi titik tekan kritis masyarakat, tokoh atau aktivis. Di pasal-pasal itu nanti Pak Jokowi bisa menindaklanjuti dalam bentuk peraturan pemerintah, Keppres dan keputusan di bawahnya supaya sesuai harapan masyarakat," ujar Cak Imin.

Lebih lanjut, menurutnya karena UU IKN ini bersifat umum, maka wajib dilakukan pengontrolan oleh masyarakat, agar bila ada kesalahan dapat diperbaiki.

"Jadi UU itu yang bersifat umum wajib dikontrol, wajib dikritik, wajib didesak supaya produk implementasi dalam perpres, peraturan pemerintah, keppres, keputusan menteri, keputusan pemerintah daerah semuanya harus rapi," kata Cak Imin.

"Justru hari-hari ini ayo semua kritik mana yang paling jelek, paling bahaya, paling merugikan dari UU ini mana, sehingga segera kita sempurnakan melalui PP, Perpres, Perda, keputusan menteri. Kalau nanti ditolak di MK ya kita perbaiki lagi gak masalah."