IFBC Banner

WHO Yakin Omicron adalah Tanda Akhir Pandemi

Senin, 24 Januari 2022 – 23:01 WIB

Omicron

Omicron

JAKARTA, REQnews - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meyakini, Covid-19 varian Omicron yang saat ini mulai mewabah di seluruh dunia, menjadi tanda akhir pandemi khususnya di Eropa.

IFBC Banner


"Sangat masuk akal, Eropa menuju akhir pandemi," kata Direktur WHO untuk Eropa Hans Kluge, seperti dikutip dari France24, Senin 24 Januari 2022.

Ia menyebut, Omicron akan menjangkiti 60 persen warga di Eropa. Namun, setelah itu akan memunculkan imunitas yang lebih kuat secara luas.

"Maka akan ada beberapa pekan dan bulan terjadi imunitas global, entah itu karena vaksin atau karena orang sudah memiliki imunitas karena tertular, dan juga karena penyakit musiman," ujarnya.

"Kami mengantisipasi akan ada masa tenang sebelum Covid-19 kembali muncul pada akhir tahun, tapi bukan artinya pandemi balik lagi."

Sementara pakar penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci ikut mengemukakan pendapat yang serupa. Ia mengatakan, situasi mulai membaik di AS.

"Dengan kasus Covid-19 yang mulai turun drastis di sebagian AS, situasi tampaknya membaik," kata Fauci.

Namun, Fauci tetap mengingatkan seluruh negara agar waspada karena Covid-19 tak dapat diprediksi secara pasti penyebarannya, terutama karena mutasinya yang terus berubah.