Jemaah Haji Diimbau Tak Bawa Perhiasan ke Tanah Suci

Kamis, 11 Juli 2019 – 21:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - PPIH Arab Saudi mengimbau agar jemaah haji yang tak lama lagi beranjak dari Madinah maupun Tanah Air ke Tanah Suci Makkah tak membawa serta perhiasan atau barang mencolok lainnya.

Kabid Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis mengatakan, imbauan tersebut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan serius oleh jemaah haji, terutama saat akan memasuki Masjidil Haram.

"Sebaiknya dari Tanah Air tidak usah membawa-bawa barang seperti itu," kata Jaetul di Makkah, Kamis 11 Juli 2019.

Selain itu, Jaetul mengimbau living cost yang diberikan kepada jemaah tidak dibawa-bawa ke Masjidil Haram. Alasannya, Jaetul khawatir uang tersebut tercecer atau terjatuh.

Jaetul juga berpesan agar jamaah selalu merasa nyaman, sebaikanya jika bepergian, upayakan selalu berada dalam rombongan atau kelompoknya, terutama yang ada laki-lakinya untuk menghindari terjadinya tindak kriminal yang tak diinginkan.

Jika menemui kesulitan selama berada di Makkah, kata Jaetul, jemaah agar segera langsung menghubungi petugas haji.

Ia juga mengingatkaa agar petugas haji selalu mengenakan pakaiannya resmi petugasnya selama berada di Makkah dan Masjidil haram. Hal tersebut untuk memudahkan jamaah mengenali adanya petugas di sekitar mereka.