Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Jokowi Pastikan Amnesti Baiq Nuril Segera Diselesaikan

Kamis, 11 Juli 2019 – 22:30 WIB

Baiq Nuril (ist)

Baiq Nuril (ist)

JAKARTA, REQnews - Terpidana UU ITE, Baiq Nuril mendapat angin segar dalam kasus yang menjeratnya. Presiden Joko Widodo berjanji akan segera menyelesaikan rekomendasi amnesti atau pengampunan yang sudah diajukan kepadanya.

"Begitu sampai ke saya, pasti saya selesaikan," kata Presiden Jokowi di sela-sela kunjungan ke Pulau Rinca, NTT, Kamis 11 Juli 2019.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly juga disebut telah resmi mengajukan rekomendasi amnesti itu untuk Baiq Nuril kepada Jokowi.

Kabar rekomendasi yang diberikan Yasonna sebelumnya disampaikan tim kuasa hukum Baiq Nuril Maknun, Erasmus Napitupulu. Dalam rekomendasi itu, Menkumham meminta Jokowi memberikan amnesti kepada Baiq Nuril.

"Kemenkum HAM tadi pagi meminta tim kami datang ke sana juga untuk kemudian Ibu Nuril bersama Menkum HAM menandatangani surat rekomendasi dari Menkum HAM terkait dengan pemberian amnesti untuk Ibu Nuril kepada Presiden Joko Widodo," kata Erasmus di Jakarta, Kamis 11 Juli 2019.

Erasmus menyebut amnesti itu juga datang dari anggota DPR. Maka, ia berharap Jokowi mau mempertimbangkan amnesti untuk kebebasan Baiq Nuril secepatnya.