Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

MA: Baiq Nuril Cemarkan Nama Baik Haji Muslim

Jumat, 12 Juli 2019 – 16:00 WIB

Baiq Nuril (Foto: Istimewa)

Baiq Nuril (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Mahkamah Agung (MA) menolak Permohonan Kembali (PK) Baiq Nuril dan tetap menjatuhkan hukuman 6 bulan penjara serta denda Rp 500 juta. Keputusan ini bedasarkan keyakinan perbuatan Baiq Nuril menyebarluaskan rekaman telepon secara ilegal dan mencemarkan nama baik.

MA tetap meyakini perbuatan Baiq Nuril menyebarluaskan rekaman telepon secara ilegal membuat nama baik orang lain dirugikan. 

Ketiganya meyakini Baiq Nuril merekam tanpa izin saat ia ditelepon atasannya, Haji Muslim. Dalam percakapannya, Haji Muslim menceritakan pengalaman bersetubuh dengan perempuan inisial L. Rekaman itu tersimpan satu tahun lamanya hingga diberikan ke Imam Mudawin sehingga tersebar. Menurut MA, perbuatan Baiq Nuril itu telah merugikan nama baik Haji Muslim.

"Hasil rekaman tersebut ditransmisikan/ditransfer ke laptop milik saksi Imam Mudawin dan terbukti kemudian konten yang ditransmisikan/ditransfer tersebut tersebar ke pihak-pihak lainnya sebagaimana telah dipertimbangkan secara jelas dan lengkap oleh judex juris yang mengakibatkan kerugian moril pada saksi korban Haji Muslim dan keluarganya serta keluarga Landriati," ujar majelis.

Majelis PK juga menyatakan Putusan Kasasi yang diketok hakim agung Sri Murwahyuni bukanlah suatu kekhilafan hakim atau kekeliruan yang nyata sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 ayat 2 huruf C KUHAP.