IFBC Banner

Viral Peserta CPNS Tak Lolos karena Payudara, Ini Penjelasan BKN

Kamis, 03 Februari 2022 – 11:10 WIB

Peserta CPNS (Foto:nsp)

Peserta CPNS (Foto:nsp)

JAKARTA, REQNews - Viral cuitan peserta CPNS 2021 di media sosial Twitter yang mengaku tak lolos gara-gara payudaranya. Akhirnya BKN memberikan penjelasan alasan tak meloloskan peserta tersebut.

IFBC Banner


"Ada beberapa instansi yang mensyaratkan kebugaran jasmani sebagai poin penting dalam seleksi CPNS," ujar Karo Humas BKN Satya Pratama, Jakarta, Kamis 3 Februari 2022.

Satya mencontohkan instansi yang mensyaratkan kebugaran antara lain Kemhan, Kumham, dan Bakamla. "Ke-3 instansi tersebut mensyaratkan kebugaran jasmani, termasuk postur tubuh," ujarnya.

BKN menyebut kalau kebugaran tubuh merupakan bagian dari pelatihan dasar yang membutuhkan kebugaran postur tubuh.

Pihaknya juga membeberkan terkait pelatihan dasar untuk diikuti para peserta yang lolos.

"Di Kemhan ada pelatihan dasar dan program bela negara, di Kumham untuk Petugas Pemasyarakatan ada pelatihan kesamaptaan, di Bakamla ada pelatihan dasar militer yang dilaksanakan bekerja sama dengan TNI AL," lanjutnya.

Ini Sebabnya Dia mengatakan kalau semua pelatihan yang membutuhkan kebugaran tersebut agar peserta dapat menyelesaikan tugas dan fungsi yang diminta masing-masing instansi.

Kemungkinan lain ialah, pada saat tes kesehatan, tim kesehatan dari instansi yang dilamar yang bersangkutan menemukan kondisi tertentu yang membuat si pelamar masuk kategori tidak masuk syarat.