IFBC Banner

Profil AKP Novandi Arya, Kasat Pol Air Berau yang Juga Anak Gubernur Kaltara Zainal Arifin

Selasa, 08 Februari 2022 – 19:33 WIB

AKP Novandi Arya Kharisma (Foto: Istimewa)

AKP Novandi Arya Kharisma (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - AKP Novandi Arya Kharisma putra sulung Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang dikabarkan meninggal dunia dalam kecelakaan meut di Jakarta pada Senin 7 Februari 2022.

IFBC Banner


Novandi Arya yang saat ini bertugas di Sat Pol Air Berau, Kalimantan Timur itu, diketahui memiliku dua orang adik perempuan. Ia sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kasat Pol Air Polres Kukar dan bertugas di KP3 Samarinda.

Sebelum menjadi polisi, Novandi pernah bersekolah di SMA Negeri 1 Kendal. Sementara itu, dalam Facebook pribadinya dituliskan dirinya pernah melanjutkan pendidikan Magister Ilmu Adminisrasi Negara di Universitas Mulawarman.

Karir Novandi sebagai polisi ternyata mengikuti jejak sang ayah. Karena sebelum menjadi Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang adalah seorang polisi dengan pangkat Brigjen.

Zainal sebelumnya juga lama berkarir di Pol Air, hingga akhirnya Zainal menjabat sebagai Wakapolda Kaltara dan pensiun, lalu menjadi Gubernur Kaltara.

Kabar meninggalnya Novandi dibenarkan oleh Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistika Persandian (DKISP) Kaltara, Taqwim. 

"Iya betul, kami juga baru terima berita, itu putra yang pertama," kata Taqwim kepada wartawan pada Selasa 8 Februari 2022.

Sementara itu, DKISP Kaltara diminta menyiapkan berita duka terkait meninggalnya Kasat Pol Air Berau itu. "Kami diminta menyiapkan kabar duka di medsos," kata dia.

Lebih lanjut, Taqwim mengatakan bahwa Gubernur Kaltara saat ini tengah dalam perjalanan dari Kendari menuju ke Jakarta.

"Pak Gub sedang di Kendari, informasi dari anggota kami beliau langsung meluncur ke Jakarta, tidak ke Kaltara langsung ke Jakarta," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, AKP Novandi Arya diduga meninggal dunia dalam kecelakaan di Jalan Raya Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Senin 7 Februari 2022.

Kecelakaan tersebut terjadi sekira pukul 00.30 WIB. Mobil sedan Camry menabrak pembatas jalan jalur transjakarta hingga mobil terbakar.

Dugaan sementara penyebab kecelakaan yakni akibat hilangnya kendali atas kendaraan bernomor polisi B 1102 NDY.