IFBC Banner

Dilarang Kembali ke KPK, Novel Baswedan: Mereka Takut Skandal Terbongkar!

Jumat, 11 Februari 2022 – 22:02 WIB

Novel Baswedan

Novel Baswedan

JAKARTA, REQnews - Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menyatakan pimpinan lembaga anti rasuah takut bila pegawai-pegawai yang sudah disingkirkan melalui Tes Wawasan Kembangsaan kembali lagi.

IFBC Banner


Maka dari itu, KPK kemudian menerbitkan Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2022. Aturan itu sengaja diciptakan agar mantan pegawai tidak kembali dan membongkar skandal tertentu.

"Bahkan sekarang seperti ada ketakutan bila suatu saat kembali lagi akan membongkar skandal-skandal tertentu," kata Novel Baswedan di Jakarta, Jumat 11 Februari 2022.

Ia menegaskan, perkom itu adalah bukti jelas misi tertentu para pimpinan KPK untuk menyingkirkan orang-orang yang bekerja secara baik selama ini.

Novel bersama puluhan rekan lainnya yang tak lolos TWK memahami bahwa pimpinan KPK saat ini adalah orang-orang yang tidak ingin memberantas korupsi, bahkan mereka berlaku sebaliknya. Karena itu mereka akan menyingkirkan pegawai yang punya tekad untuk bekerja baik dan benar.

"Jadi saya tidak terkejut dengan dibuatnya peraturan tersebut," ujarnya.

Namun, KPK membantah menghalangi mantan pegawai yang disingkirkan TWK kembali ke KPK melalui perkom tersebut.

Menurut KPK, perkom dibuat untuk menyelaraskan tata kelola kepegawaian setelah diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tidak ada maksud sama sekali untuk mencegah secara inkonstitusional pihak-pihak tertentu bergabung menjadi pegawai ASN KPK," kata Sekretaris Jendral KPK, Cahya H Harefa.