Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Kapal Perang Kedua Inggris Bergerak ke Teluk Persia, Ancaman Buat Iran

Sabtu, 13 Juli 2019 – 16:30 WIB

HMS Duncan (ist)

HMS Duncan (ist)

JAKARTA, REQnews - Situasi di kawasan Teluk kian memanas. Baru-baru ini dikabarkan Inggris telah mengerahkan salah satu kekuatan tempur terbaiknya, yakni kapal perang HMS Duncan ke wilayah Teluk Persia sebagai ancaman terhadap Iran.

Mengutip AFP, Sabtu 13 Juli 2019, pengerahan kapal perang ini adalah yang kedua kalinya dilakukan setelah Iran dituduh telah melakukan ancaman terhadap sebuah kapal supertanker milik Inggris, beberapa hari lalu.

Pemerintah Inggris menyebut, pengerahan kapal perang HMS Duncan itu sudah direncanakan sebelumnya untuk memastikan Angkatan Laut Inggris mengamankan rute pengiriman minyak terpenting di dunia tersebut.

Sebelumnya, Inggris mengerahkan kapal perang HMS Montrose dengan misi yang sama. Namun, HMS Montrose telah ditarik dari tugasnya untuk menjalani pemeliharaan, lalu diganti dengan HMS Duncan yang tak kalah canggih.

Sebelumnya, Rabu 10 Juli 2019 lalu Inggris mengklaim bahwa HMS Montrose telah mengusir tiga kapal bersenjata Iran yang disebut melakukan penghalauan kapal supertanker minyak. Meskipun, klaim tersebut belum terbukti kebenarannya.

Menurut sejumlah laporan media yang mengutip para pejabat Amerika Serikat, kapal tanker Inggris itu diminta berhenti di wilayah perairan di dekat Iran, namun kapal-kapal itu kemudian mundur setelah ada peringatan dari kapal perang Inggris.

Sayangnya, pemerintah Iran membantah adanya insiden itu dan menyebut Inggris telah merekayasa kejadian tersebut untuk menyudutkan Iran di tengah memanasnya hubungan dengan Amerika Serikat.