Soal Izin FPI, Kemendagri Masih Tunggu Saran Kemenag dan Polri

Sabtu, 13 Juli 2019 – 17:00 WIB

FPI (ist)

FPI (ist)

JAKARTA, REQnews - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan bahwa perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang diajukan FPI belum bisa diproses lebih lanjut karena beberapa alasan.

Dijelaskan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, saat ini pihaknya masih menunggu saran dari Kementerian Agama (Kemenag) dan pihak keamanan, dalam hal ini Polri untuk memuluskan permohonan FPI tersebut.

“Sementara dalam tahap pencermatan yang dilakukan Dirjen Hukum, disertai masukan Kemenag dan pihak keamanan,” kaya Hadi di Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019.

Kemendagri juga mempertimbangkan empat hal yang menjadi acuan sebelum mengeluarkan perpanjangan izin FPI, yakni tujuan ormas, landasan hukum ormas, kemafaatan ormas, dan pengaruhnya terhadap stabilitas negara.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo berkata FPI belum melengkapi seluruh syarat perpanjangan SKT yang diajukannya. Dari 20 persyaratan, FPI hanya memenuhi 10 saja.

Sebagaimana diketahui, izin ormas FPI terdaftar dengan nomor SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014. Masa berlaku SKT FPI terhitung sejak 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019.

FPI kemudian mengajukan perpanjangan SKT Ormas sehari setelahnya. FPI menyebut tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menolak permohonan tersebut. FPI juga memastikan setiap syarat yang diatur dalam undang-undang telah dipenuhi.