IFBC Banner

Laporkan Menteri Agama Yaqut Cholil, Roy Suryo Ditolak Polda Metro Jaya

Kamis, 24 Februari 2022 – 19:03 WIB

Roy Suryo (Foto:Istimewa)

Roy Suryo (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melaporkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ke Polda Metro Jaya terkait pernyataan pengeras suara masjid yang disamakan dengan gonggongan anjing.

IFBC Banner


"Kami membuat LP (laporan polisi) di Polda Metro Jaya terhadap saudara YCQ," kata Roy Suryo, Kamis 24 Februari 2022.

Namun, laporan Roy Suryo ditolak dengan alasan kejadian bukan berada di Jakarta.

"“Setelah melakukan konsultasi yang cukup panjang di Polda Metro tidak seperti biasa saya keluar membawa tanda bukti lapor saya hari ini tidak berhasil membawa bukti lapor,” kata Roy di Polda Metro Jaya.

Roy melaporkan Yaqut Cholil Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ia juga mengatakan ucapan itu bisa dijerat dengan Pasal 156a KUHP Tentang Penistaan Agama.

Petugas SPKT menolak laporan tersebut karena waktu dan tempat kejadian (locus de licti) Yaqut menyampaikan pernyataan tersebut di Pekanbaru, Riau. Sehingga di luar wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Awalnya saya memang berikthiar untuk melaporkan ini karena sejak kemarin banyak sekali yang mengirimkan video ke saya meminta pendapat saya selaku Pengamat Teknologi Informatika untuk meneliti rekaman itu apakah asli atau tidak,” jelasnya.