IFBC Banner

BAB Sering Mampet? Coba 3 Tips Ini Biar Lancar Setiap Hari

Minggu, 27 Februari 2022 – 08:04 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Tidak semua orang lancar saat buang air besar alias BAB. Ada yang kesulitan untuk melakukannya secara rutin setiap hari.

IFBC Banner


Banyak faktor yang mengakibatkan BAB tidak lancar setiap hari, misalnya makanan yang dikonsumsi tidak tepat atau pola hidup yang berantakan juga cukup berpengaruh.

Nah, buat kalian yang mengalami masalah BAB tidak lancar, coba ikuti tiga tips sederhana dari pakar berikut ini.

1. Tidur Secara Tepat Waktu

Cobalah untuk tidur tepat waktu setiap malam, secara teratur dengan waktu yang sama, karena dapat berpengaruh pada kondisi tubuh.

“Perubahan pola tidur dapat memengaruhi ritme sirkadian kita, yang mengontrol siklus tidur/bangun dan pencernaan kita,” kata pakar diet dan nutrisi Tanya Zuckerbrot, seperti dikutip dari MGB.

“Itu lah mengapa kebanyakan orang buang air besar di pagi hari. Setiap perubahan pada siklus tidur, dapat menyebabkan perubahan motilitas kolon, yang menyebabkan keterlambatan buang air besar,” ujarnya menambahkan.

2. Puasa Intermiten

Anda juga bisa mencoba puasa intermiten atau makan dengan batasan waktu untuk mengatur pencernaan menjadi lancar.

“Karena tubuh mencoba untuk memberikan usus istirahat dari semua pencernaan yang telah dilakukan,” ujar Ahli Pengobatan Integratif Dr Amy Shah.

Ia menyarankan yang harus dilakukan adalah mencoba untuk berpuasa setidaknya 16 jam, yang berarti tubuh meninggalkan usus selama 16 jam yakni antara waktu makan terakhir hari ini hingga sarapan.

3. Suplemen Probiotik.

Pakar juga menyarankan konsumsi suplemen probiotik untuk membantu proses pencernaan dan membangun mikroba usus yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri menguntungkan ini membantu meningkatkan kecepatan perjalanan kotoran melalui usus.

“Untuk menjadikan probiotik sebagai bagian rutin dari rutinitas, saya menyarankan untuk mengonsumsi probiotik berkualitas tinggi setiap pagi dibarengi dengan sarapan smoothie,” katanya.