IFBC Banner

Korea Utara Sebut Amerika Serikat Jadi Sebab Invasi Rusia ke Ukraina

Minggu, 27 Februari 2022 – 17:16 WIB

Invasi Rusia ke Ukraina (Foto: Istimewa)

Invasi Rusia ke Ukraina (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Korea Utara menyebut Amerika Serikat (AS) sebagai penyebab krisis di Ukraina, usai invasi Rusia ke negara Eropa Timur itu.

Dikutip dari AFP, Kementerian Luar Negeri Korea Utara dalam keterangan resminya mengatakan Amerika Serikat harus disalahkan atas bencana yang sedang berlangsung saat ini.

"Akar penyebab krisis di Ukraina juga karena keangkuhan dan kesewenang-wenangan Amerika Serikat," kata Kemenlu Korut, dikutip pada Minggu 27 Februari 2022.

Peneliti Studi Politik Internasional untuk masyarakat Korut Ri Ji-song menyebut Washington tengah mengejar supremasi militer dengan mengabaikan permintaan resmi Rusia terkait keamanan negara.

Ia pun mengecam Amerika yang dinilai memegang standar ganda, karena telah ikut campur terhadap urusan negara lain atas nama perdamaian dan stabilitas. Dirinya pun mengatakan bahwa Amerika telah menggunakan kekuasaan tertingginya.

"Namun, tanpa alasan yang baik, mereka (AS) mencela tindakan pertahanan diri yang diambil negara untuk memastikan keamanan nasional mereka sendiri," ujarnya.

Seorang profesor Studi Korea Utara di Universitas Ewha Womans, Park Won-gon pun menyebut jika Amerika adalah penyebab utama perang antara Rusia dan Ukraina.

"Kesimpulannya adalah semua gara-gara Amerika Serikat. Poin utamanya, Anda akan menderita jika tidak punya kekuatan," katanya.