IFBC Banner

Luhut Pandjaitan Sebut Pemerintah Bakal Uji Coba Masuk ke Bali Tanpa Karantina, Ini Syaratnya

Minggu, 27 Februari 2022 – 21:02 WIB

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Istimewa)

UKRAINA, REQnews - Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah akan melakukan uji coba masuk ke Bali tanpa karantina.

IFBC Banner


Menurutnya, itu dilakukan karena tren kasus Covid-19 sudah mereda di Bali dalam beberapa pekan terakhir. Ia menyebut, uji coba pemberlakuan aturan tersebut akan dimulai pada 14 Februari 2022 mendatang.

"Pemerintah juga akan mencoba uji coba tanpa karantina bagi PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri) yang datang ke Bali dan direncanakan akan berlaku pada 14 Maret mendatang dengan beberapa persyaratan," kata Luhut dalam konferensi pers Minggu 27 Februari 2022.

Ia mengatakan bahwa penetapan uji coba tanpa karantina ini bisa dipercepat jika tren kasus Covid-19 secara keseluruhan terus membaik dalam sepekan ke depan. Luhut pun meminta kepada masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat. 

"Bisa saja 14 Maret ini kita percepat ke tanggal berapa kalau data-data selama seminggu ke depan angkanya itu membaik," kata Luhut. "Karena di Bali kelihatannya kemarin selama beberapa minggu terakhir angkanya terus membaik."

Lebih lanjut, menurutnya demi keamanan bersama, ketentuan tes antigen tetap diberlakukan. "Ini untuk keamanan kita bersama, akan menerapkan ketentuan test antigen tiap hari kepada peserta tanpa terkecuali," kata Menko Marves itu.

Syarat masuk ke Bali tanpa karantina:

1. Pendatang harus menunjukkan tanda booking hotel yang sudah dibayar, minimal 4 hari atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi WNI.
2. PPLN yang masuk harus sudah divaksinasi lengkap atau booster
3. PPLN melakukan entry PCR test dan menunggu di kamar hotel hingga hasil tes negatif keluar
4. Setelah negatif, PPLN dapat beraktivitas dengan prokes tetap diterapkan
5. PPLN kembali melakukan PCR test di hari ketiga di hotel masing-masing