IFBC Banner

Amerika Ajak Cina Bareng-bareng Musuhi Rusia

Selasa, 01 Maret 2022 – 01:02 WIB

Presiden Cina Xi Jinping

Presiden Cina Xi Jinping

JAKARTA, REQnews - Amerika Serikat (AS) masih cukup penasaran bagaimana sikap tegas Cina terhadap invasi Rusia di Ukraina yang kian membabi buta.

Meskipun, sebenarnya Cina sudah menjatuhkan sejumlah sanksi kepada Rusia atas invasi ke Ukraina, namun AS menganggap tindakan tersebut belumlah cukup.

 

Bahkan, Sekretaris Pers Gedung Putih mengajak Cina untuk memusuhi Rusia dan mengutuk semua keputusan Presiden Vladimir Putin.

“Ini bukan waktunya untuk berdiri di pinggir lapangan. Ini saatnya untuk vokal dan mengutuk tindakan Presiden Putin dan Rusia yang menyerang negara berdaulat,” kata Psaki, seperti dikutip Senin 28 Februari 2022.

Namun, sementara ini AS belum bisa banyak mendesak Cina, karena Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping belum melakukan pertemuan untuk membahas krisis di Ukraina.

"Tetapi ada juga langkah-langkah penting bagi kepemimpinan Cina untuk melihat diri mereka sendiri dan benar-benar menilai di mana mereka ingin berdiri saat buku-buku sejarah ditulis," ujar Psaki.

 

Saat ini, serangan Rusia di beberapa titik wilayah Ukraina masih terus berlanjut. Kecaman dunia atas tindakan tersebut mengalir deras.

Hanya saja, Rusia tak sendirian. Terbaru, kabarnya Belarus ikut mendukung invasi ke Ukraina, sementara sejumlah negara lain mendukung tindakan yang diambil Putin.