IFBC Banner

Pemeriksaan Kejiwaan Calon Hakim Dianggap Penting untuk Mendapatkan Hakim Berintegritas

Rabu, 02 Maret 2022 – 13:30 WIB

Kantor Komisi Yudisial (Foto:Istimewa)

Kantor Komisi Yudisial (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani setiap calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor) pada Mahkamah Agung (MA) dianggap penting oleh Komisi Yudisial (KY) RI. Karena itu KY berharap panitia seleksi untuk melakukan pemeriksaan.

IFBC Banner


"Artinya, dari sisi kejiwaan juga harus diperiksa," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah pada diskusi bertajuk Mencari Sosok Hakim Ad Hoc Tipikor yang Berintegritas di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu 3 Maret 2022.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting agar calon hakim yang lolos betul-betul sehat secara jasmani maupun rohani.

Untuk mendapatkan hakim ad hoc tipikor pada MA yang berintegritas, kata dia, seleksi sangat menentukan, terutama dalam menelusuri rekam jejak masing-masing calon.

Siti mengungkapkan bahwa seleksi calon hakim ad hoc tipikor pada MA yang dilakukan KY sebelumnya, terdapat peserta yang gagal pada tahap kesehatan meskipun memperoleh nilai integritas dan kualitas yang bagus.

"Ternyata peserta ini punya masalah kesehatan. Dia tidak bisa menerima tekanan-tekanan," ujarnya.

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan oleh rumah sakit, calon hakim tersebut diketahui juga mengidap penyakit kronis sehingga dinyatakan gagal.