IFBC Banner

Hore! Jabodetabek Kini Kembali Lagi ke PPKM Level 2

Senin, 07 Maret 2022 – 20:02 WIB

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Foto:Instagram)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Foto:Instagram)

JAKARTA, REQNews - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di Jawa-Bali yang dimulai sejak 1 Maret, berakhir hari ini, Senin 7 Maret 2022 dan wilayah Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali menjadi PPKM level 2.

IFBC Banner


Dari asesmen sepekan terakhir, pemerintah menemukan ada perbaikan level PPKM di Jawa Bali.

"Rawat inap Jawa Bali menurun terkecuali DIY. Namun DIY kami perkirakan akan turun dalam beberapa hari ke depan," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Komandan PPKM Jawa Bali, dalam konferensi pers daring, Senin 6 Maret 2022 petang.

Luhut memaparkan atas situasi tersebut, sejumlah kabupaten/kota naik signifikan yang masuk level 2. Salah satunya adalah aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya.

"Saat ini aglomerasi Jabodetabek dan aglomerasi Surabaya Raya kembali masuk level 2, dikarenakan penurunan kasus konfirmasi harian dan juga rawat inap RS," katanya.

Luhut mengatakan pemerintah memastikan kondisi dan penanganan pandemi terus membaik. Hal itu, klaimnya, berdasarkan data yang dievaluasi dari tren kasus menurun, rawat inap di rumah sakit yang turun, dan kematian semakin landai.

"Dalam beberapa hari terakhir kematian DKI, Bali, dan Banten turun dan kami prediksi dalam waktu dekat provinsi lain turun," katanya.

Saat ini, kata dia, vaksinasi lansia di Jawa Bali sudah mencapai 62 persen. Selain itu, untuk vaksinasi booster di wilayah yang sama saat ini masih di bawah 10 persen.