IFBC Banner

Bagaimana Bisa Membunuh dengan Ini? Protes Ukraina Dikasih Helm oleh Israel

Selasa, 08 Maret 2022 – 13:38 WIB

Ukraina kesal diberi bantuan helm Israel (Foto:Avshalom Sassoni/Flash90)

Ukraina kesal diberi bantuan helm Israel (Foto:Avshalom Sassoni/Flash90)

YERUSALEM, REQNews - Ukraina kesal atas bantuan Israel berupa helm. Kekesalan tersebut diungkapkan Duta Besar Ukraina untuk Israel, Yevgen Korniychuk.

IFBC Banner


Dalam konferensi pers pada Senin 7 Maret 2022, Yevgen Korniychuk mengenakan helm dan secara retorik bertanya bagaimana mungkin perlengkapan seperti itu dianggap mematikan.

"Tolong katakan pada saya, bagaimana Anda bisa membunuh dengan (helm) ini? Tidak mungkin. Jadi saya tidak tahu apa yang ditakutkan orang-orang ini. Memberi (alat) keselamatan personal bagi penduduk Ukraina… itulah hal yang paling sederhana yang bisa mereka lakukan."

Meski mengutuk invasi Rusia di Ukraina, Israel telah membatasi diri untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan terus membuka diri pada Moskow.

Perdana Menteri Naftali Bennett telah berbicara dengan Presiden Rusia di Moskow pada Sabtu 5 Maret 2022.

Namun, Korniychuk juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas upaya Israel memediasi Rusia dan Ukraina. Dia mengatakan mediasi itu melebihi bantuan militer apa pun yang diberikan Israel.

"Perdana menteri mengatakan kemarin (bahwa) meskipun keberhasilan (mediasi) hanya satu persen, dia akan berusaha melakukannya… apa pun menjadi mungkin dalam rangka mencapai perdamaian," kata Koriychuk kepada awak media.