IFBC Banner

Rusia Luncurkan Rossgram untuk Gantikan Instagram

Kamis, 17 Maret 2022 – 15:42 WIB

Foto: EuroNews

Foto: EuroNews

Moskwa, REQNews.com -- Rusia meluncurkan aplikasi berbagi gambar di pasar domestik untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Instagram.

Rossgram, demikian nama aplikasi itu, akan akan diluncurkan 28 Maret dan memiliki fungsi tambahan seperti crowdfunding dan akses berbayar untuk beberapa konten.

"Mitra saya, Kirill Filiminov dan kelompok pengembang kami, sedang mempersiapkan pergantian peristiwa kini dan memutuskan tidak melewatkan kesempatan membuat analog Rusia dari jejaring sosial populer yang disukai rekan-rekan kami," kata Alexander Zobov, direktur inisiatif hubungan masyarakat Rossgram, kepada jejaring sosial VKontakte.

Roskomnadzor, regulator komunikasi Rusia, memblokir akses Instagram mulai Senin setelah Meta Platform -- perusahaan Mark Zuckerberg dan pemilik Instagram -- mengatakan akan mengijinkan pengguna media sosial di Ukraina memposting pesan seperti 'Matilah Penjajah Rusia.'

Meta mengatakan perubahan sementara kebijakan ujaran kebencian hanya berlaku di Ukraina setelah invasi Rusia. Perusahaan itu juga mengatakan akan salah jika mencegah Ukraina mengungkapkan perlawanan dan kemarahan mereka kepada militer Rusia.

Rusia membuka penyelidikan kriminal terhadap Meta, dan jaksa meminta pengadilan untuk menunjuk raksasa teknologi AS sebagai organisasi ekstremis.

November 2021 Gazprom Media meluncurkan Yappy sebagai platform domestik berbagi video TikTok.