IFBC Banner

Buta Permanen, Novel Baswedan Akan Melakukan Pengobatan Mata ke Belanda

Jumat, 18 Maret 2022 – 15:03 WIB

Novel Baswedan (Foto:Instagram)

Novel Baswedan (Foto:Instagram)

JAKARTA, REQNews - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku mata kirinya mengalami buta permanen, dan kini berencana untuk melakukan pengobatan ke Belanda.

Sebelumnya, Novel disiram air keras di dekat rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada April 2017 yang mengakibatkan luka pada matanya.

"Benar saya akan berangkat ke Belanda untuk pemeriksaan mata saya," kata Novel dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 18 Maret 2022.

Novel menceritakan bahwa sejak sekitar awal tahun 2020 mata kirinya buta permanen. Namun, karena situasi pandemi, Novel mengatakan tidak bisa memeriksa matanya di luar negeri.

"Karena pandemi COVID-19 maka saya tidak bisa berobat lebih lanjut. Pemeriksaan mata saya lakukan di Jakarta dan pengobatan herbal," kata Novel yang saat ini menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Polri itu.

Ia mengatakan saat masih bertugas di KPK dibantu oleh rekan-rekannya dari wadah pegawai untuk mencari tempat pengobatan di beberapa negara. "Dan kemudian direkomendasikan ke salah satu RS di Belanda," ungkap Novel.

Ia mengungkapkan rencana awal berangkat ke Belanda, yakni pada awal Mei 2021. Saat itu, kata dia, pimpinan KPK juga mendorong untuk segera melakukan pemeriksaan.

"Tetapi karena pertimbangan COVID-19 yang tinggi saat itu, saya putuskan untuk batal berangkat," ucap Novel.

Ia pun mengharapkan ada teknologi yang dapat menyembuhkan matanya saat melakukan pengobatan di Belanda.

"Semoga ada teknologi atau pola pengobatan untuk bisa menyembuhkan mata saya atau setidaknya akan dilakukan penelitian untuk mencarikan solusi pengobatan yang bisa dilakukan," ujarnya.