IFBC Banner

Vonis Bebas Dua Terdakwa Pembunuh Laskar FPI, JPU Cuma Bilang Begini..

Jumat, 18 Maret 2022 – 14:45 WIB

Ilustrasi Palu Hakim (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Palu Hakim (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih mempertimbangkan, apakah akan melakukan banding vonis bebas dua terdakwa penembak anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

Diketahui, hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonis bebas Ipda M Yusmin Ohorella dan Briptu Fikri Ramadhan pada Jumat 18 Maret 2022. "Kami menyatakan pikir-pikir," kata JPU di PN Jakarta Selatan.

Dalam persidangan yang dilakukan secara virtual di kediaman kuasa hukum Yusmin dan Fikri, Henry Yosodiningrat. Henry mengatakan bahwa kliennya divonis bebas. "Alhamdulillah kami menerima putusan (vonis bebas)," kata Henry.

Sebelumnya, Briptu Fikri dinyatakan bersalah telah melakukan pembunuhan dan penganiayaan yang menyebabkan kematian, namun hakim menilai jika hal tersebut sebagai upaya pembelaan.

"Menyatakan perbuatan terdakwa Fikri Ramadhan dan M. Yusmin sebagaimana dakwaan primer dalam rangka pembelaan terpaksa melampaui batas, menyatakan tidak dapat dijatuhi pidana karena alasan pembenaran dan pemaaf," kata Ketua Majelis Hakim M Arif Nuryanta saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sehingga, putusan tersebut jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan JPU, dengan pidana enam tahun penjara. JPU jika menilai Yusmin dan Fikri terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pembunuhan secara bersama-sama.

Kemudian, jaksa menuntut keduanya dengan hukuman 6 tahun penjara. Tuntutan itu sesuai dengan dakwaan primer yakni Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan secara sengaja juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.