Akui Palestina, Warga Sheffield Kumpul 20 Ribu Tandatangan

Kamis, 18 Juli 2019 – 20:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Warga kota Sheffield, Inggris mengumpulkan 20 ribu tandatangan untuk mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Tak hanya itu, bahkan di kota tersebut bendera Palestina berkibar.

20 ribu tandatangan itu dikumpulkan Sheffield Labor Friends of Palestine setelah mengeluarkan petisi yang menyeru Dewan Kota agar mengakui kedaulatan Palestina.

Organisasi itu menyerahkan keputusan tersebut kepada Parlemen Inggris untuk membahasnya segera pada September 2019 mendatang.

Mengutip Kantor Berita Palestina WAFA, Kamis 18 Juli 2019, dukungan warga Sheffield itu disambut baik Duta Besar Palestina untuk Inggris Hussam Zomlot. Ia memuji tindakan Sheffield Labor Friends of Palestine atas upaya mereka mengakui Palestina.

Menurutnya, dukungan itu bukan hanya simbolis, tapi lebih merupakan langkah ke arah pengakuan Inggris, sebagai tebusan atas tragedi dalam Deklarasi Balfour yang punya reputasi buruk.

Saay itu, Inggris terlibat dalam upaya menjanjikan tanah air untuk warga Yahudi di Palestina. Namun, Inggris tak mempedulikan penduduk asli di Palestina, yang ujung-ujungnya adalah pendirian Israel dan pendudukan yang kejam.

"Kami percaya pengakuan masyarakat buat negara Palestina oleh Dewan Kota akan menjadi pernyataan solidaritas berpengaruh yang kuat yang kami harap akan diikuti oleh dewan lain," kata Zomlot.