IFBC Banner

Survei Terbaru, 3 Bulan Terakhir Kepuasan Publik pada Jokowi Anjlok!

Kamis, 31 Maret 2022 – 01:20 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA, REQnews - Dalam survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo anjlok dalam tiga bulan terakhir ini.

"Ada sedikit penurunan dibanding tiga bulan sebelumnya pada Desember 2021 yang mencapai 71,7 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani saat menyampaikan hasil riset bertajuk 'Kondisi Ekonomi-Politik dan Kinerja Pemerintah: Evaluasi Publik Nasional', Rabu 30 Maret 2022.

Ia menjelaskan lebih detail, bahwa dalam survei terbaru Maret 2022 ini, ada 14,8 persen responden sangat puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan 49,9 persen lainnya cukup puas. Sehingga 64,7 persen mayoritas publik puas dengan kinerja Jokowi.

Sementara itu 26,3 persen lainnya mengatakan kurang puas dengan kinerja Jokowi. Lalu 6 persen lainnya menyatakan tidak puas sama sekali. Sehingga total 32,3 persen publik kurang/tidak puas dengan kinerja Jokowi.

"Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berhubungan dengan evaluasi atas kondisi ekonomi, politik, keamanan, dan penegakan hukum. Ada kecenderungan mereka yang menilai positif keadaan ekonomi, politik, keamanan dan penegakan hukum juga memberi apresiasi pada kinerja presiden. Demikian sebaliknya," ujarnya.

Adapun tingkat kepuasan ini cukup dipengaruhi dengan kinerja pemerintah mengatasi persoalan kebutuhan pokok dan penanganan pandeimi Covid-19.

Untuk diketahui survei dilakukan melalui wawancara secara tatap muka pada 13 - 20 Maret 2022 terhadap 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.027 atau 84 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.