IFBC Banner

Dear Kapolda Jabar, Keluarga Minta Ungkap Pembunuh Kasus Subang, Jangan Mengobral Janji!

Senin, 04 April 2022 – 10:30 WIB

Ilustrasi korban pembunuhan (Foto: Istimewa)

Ilustrasi korban pembunuhan (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, REQnews - Misteri kasus pembunuhan yang menewaskan Tuti Surhartini dan anaknya, Amalia Mustika Ratu, yang terjadi di Subang, Jawa Barat, pada 18 Agustus 2021 belum juga terungkap. Puluhan saksi sudah diperiksa, sketsa terduga pelaku pembunuhan juga sudah disebar namun kasus ini belum juga menemukan titik terang. 

Janji akan mengungkap kasus pembunuhan sebelum Ramadhan atau awal April 2022 sempat dilontarkan Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana. Pihak keluarga terus menagih janji tersebut.   

Pihak keluarga berharap Kapolda segera memenuhi janjinya dan memberikan kepastian hukum atas kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang tersebut.

"Kita meminta Kapolda menepati janjinya yang diucapkan saat itu. Dari keluarga berharap bagaimanapun juga keadilan dan kepastian hukum beriringan," ujar Rohman Hidayat, kuasa hukum Yosef, ayah Amalia sekaligus suami dari Tuti, Sabtu 2 April 2022. .

Menurut Rohman, sesuai janji Kapolda seharusnya sebelum April, telah mengumumkan pelaku.

"Kita menunggu janji kapolda, kan kalau sebelum puasa harusnya hari ini (Sabtu). Jangan menambah polemik di masyarakat, menyampaikan akan diumumkan di awal tahun, kemudian akan menyampaikan sebelum puasa," ujarnya.

Menurutnya, Kapolda sebaiknya tidak terus-terusan memberikan informasi yang tidak pasti.

"Hari ini (Sabtu) terakhir jelang puasa, apa keputusan Kapolda atas pembunuhan di Subang. Jangan memberikan angin surga atau informasi untuk menenangkan masyarakat saja. Buktinya sampai hari ini belum ada kepastian dan penetapan tersangka," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memerintahkan jajarannya untuk mengebut proses pengungkapan kasus pembunuhan tersebut. Awalnya, Suntana sempat menargetkan pelaku akan terungkap pada awal tahun 2022. Namun, hal itu tak kunjung terealisasi. Kemudian Suntana berjanji akan mengungkap kasus itu sebelum Ramadhan 2022. 

Tetapi, sampai saat ini belum juga terungkap siapa pelaku pembunuhan keji terhadap ibu dan anak di Subang tersebut.

"Ini pun (kasus di Subang) mudah-mudahan menjadi kado lah, bulan puasa yah," kata Suntana, saat meninjau pelaksaan vaksinasi Covid-19 di Plaza Hotel, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2022.