IFBC Banner

Identitas 5 Teroris NII di Banten Terungkap, Masing-masing Punya Peran Mengerikan!

Sabtu, 09 April 2022 – 22:01 WIB

Negara Islam Indonesia (NII)

Negara Islam Indonesia (NII)

JAKARTA, REQnews - Polisi akhirnya membongkar identitas lima anggota Negara Islam Indonesia (NII) yang diamankan Densus 88 Antiteror di Tangerang, Banten, Minggu 3 April 2022 pekan lalu.

Kabagops Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar berkata, kelima tersangka terorisme itu memiliki peran masing-masing dalam menjalankan aksinya.

Berikut, identitas kelima anggota NII yang diamankan Densus 88 beserta peran-perannya.

1. SA (37 tahun)

Kombes Aswin berkata, SA terlibat dalam pertemuan kelompok NII di Green Village Depok. Ia juga merupakan pemegang rekening NII dan berperan sebagai penyelenggara rihlah atau pergantian struktur berupa psikotes serta wawancara juga longmarch 40 km di Sumbar.

"Tersangka SA pemegang rekening NII berdasarkan keterangan AY (sudah ditangkap) bendahara NII Padang," kata Aswin.

Hal ini terungkap dari temuan penyidik, bahwa ada transaksi dana dari rekening AY ke SA sampai Oktober 2021 sebesar Rp 119,5 juta.

2. TA (37 Tahun)

Tersangka TA terlibat dalam agenda ke Sumbar bersama perwakilan NII Kota Tangerang dan Tangerang Barat berjumlah 6 orang untuk membuka rintisan.

"TA berperan memberikan arahan dan petunjuk kepada RS (sudah ditangkap) terkait untuk mempersiapkan tukang besi membuat senjata tajam," ujar Aswin.

3. SO (36 tahun)

Selaku Ketua Tangerang Selatan, pernah hadir dalam pertemuan di Green Village Depok, berhubungan dengan tersangka Zefrizal (sudah ditangkap).

"Pada tahun 2019, SO datang ke Sumbar bertemu dengan NII Sumbar, yang diikuti sebanyak 250 orang di Sawahlunto," ucap Aswin.

 

4. MH (24 tahun)

Aswin berkata, MH adalah Sekretaris NII Tangerang Selatan, yang juga ikut dalam pertemuan di Depok. Ia berperan mengirim bahan dari pusat terkait arahan-arahan melalui email, juga bertindak sebagai tim IT.

5. AHA alias Y (31 tahun)

Sekretaris dan naik tingkat menjadi Ketua NII wilayah Tangerang Kota, pernah turun ke Sumbar bersama perwakilan dari Tangerang Kota dan Tangerang Barat sejumlah 6 orang untuk membuka daerah rintisan.