IFBC Banner

Novel Baswedan di Balik Aksi Mahasiswa 11 April?

Senin, 11 April 2022 – 10:41 WIB

Novel Baswedan

Novel Baswedan

JAKARTA, REQnews - Nama eks penyidik senior KPK, Novel Baswedan, sempat terseret dalam rencana demonstrasi besar-besaran yang dilaksanakan kelompok mahasiswa, pada hari ini Senin 11 April 2022.

Novel diduga menjadi salah satu tokoh yang mementori aksi tersebut. Nama Novel masuk dalam daftar penggerak demo, berdasarkan pesan berantai atas nama Timsus BAIS.

Namun, Novel dengan tegas membantah keterlibatannya sebagai mentor dalam aksi 11 April.

"Sehubungan adanya pesan berantai melalui group2 WA yg mengatasnamakan "Timsus BAIS" yg menyampaikan bahwa saya sbg mentor/koord aksi terkait isu hukum dan advokasi,  Saya nyatakan bahwa isu itu TIDAK BENAR & MENGADA-ADA," tulis Novel dalam akun Twitter-nya, Minggu 10 April malam.

Tak hanya Novel saja, nama-nama lain juga ikut disebut, seperti eks Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Zainal Arifin, Busyro Muqaddas, hingga Iharyanto.

Sama seperti Novel, Hamdan juga telah membantah ikut ambil bagian dalam demo. Baginya, informasi itu menyesatkan.

"Beredar di group WA Skenario setingan Aksi Senin 11 April 2022 mencantumkan nama saya sebagai mentor/kontributor aksi. Sepanjang menyebut sama saya, info tersebut tidak benar dan menyesatkan," kata Hamdan melalui akun Twitter-nya.

"Saya justru baru dengar info ada aksi mahasiswa 11 April. Saya tambah kaget, ketika menyebut nama saya sebagai salah satu mentor/konstributor. Jelas info tersebut menyesatkan dan tidak bertanggung jawab."