IFBC Banner

Tok! DPR Ketuk Palu Pengesahan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Selasa, 12 April 2022 – 12:45 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Setelah sekian lama mengalami tarik ulur, akhirnya DPR RI mengesahkan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi undang-undang, dalam rapat paripurna, Selasa 12 April 2022.

UU baru ini diketuk oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, setelah mendapat persetujuan semua anggota parlemen yang hadir.

Menurut Ketua Panja RUU TPKS Willy Aditya, regulasi baru ini akan menjadi payung hukum yang dipastikan berpihak penuh pada korban kekerasan seksual dalam memberi rasa keadilan.

"Negara hadir ketika restitusi tidak hadir, maka negara hadir dalam bentuk kompensasi, serta RUU ini memuat tentang dana bantuan korban. Ini adalah sebuah langkah maju bagaimana kita hadir dalam memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia," kata Willy.

Sementara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menegaskan, UU TPKS akan menjadi bukti nyata kehadiran pemerintah dalam menangani kasus-kasus kekerasan seksual yang selama ini menjadi permasalahan.

"Hadirnya undang-undang ini nantinya merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam upaya mencegah segala bentuk kekerasan seksual, menangani, melindungi, dan memulihkan korban," ujar Bintang.