IFBC Banner

Asyik! AS Cabut Wajib Masker di Semua Transportasi Umum, Indonesia Kapan Ya?

Rabu, 20 April 2022 – 18:48 WIB

Ilustrasi Masker (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Masker (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pandemi Covid-19 telah melanda dunia lebih dari 2 tahun lamanya. Sejumlah kelonggaran mulai diberlakukan pemerintah di masing-masing negara. Misalnya, Amerika Serikat yang baru-baru ini resmi mencabut aturan wajib masker di transportasi umum.

Kabar tersebut dikonfirmasi seorang pejabat Badan Keamanan Transportasi (TSA). Pencabutan aturan wajib masker itu berlaku mulai Selasa 20 April 2022.

Pejabat itu mengatakan, TSA mengambil mencabut aturan ini sesuai dengan keputusan hakim Florisa, Kathryn Kimball Mizelle, pada awal pekan ini.

Dalam putusannya, Mizelle memenangkan gugatan kelompok warga yang menuntut pencabutan aturan wajib masker.

 
Mizelle menyatakan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melampaui kewenangannya dalam menetapkan aturan wajib masker.

Hanya saja kata Mizelle, CDC tak menanyakan opini publik dan menjelaskan secara gamblang alasan mereka menetapkan aturan tersebut.

TSA kemudian menetapkan aturan sesuai dengan keputusan hakim tersebut.

"Karena itu,TSA tidak akan menerapkan Arahan Keamanan dan Amandemen Darurat yang mengharuskan penggunaan masker di transportasi umum dan pusat transportasi," kata pejabat itu.


Namun, ia menyatakan bahwa "CDC merekomendasikan masyarakat untuk tetap menggunakan masker di transportasi umum dalam ruangan."