IFBC Banner

Kronologi Driver Ojol Jadi Korban Penipuan Lewat WA, Uang Rp 65 Juta Lenyap Sekejap! Begini Modusnya

Jumat, 22 April 2022 – 09:57 WIB

Ilustrasi uang (Foto: Istimewa)

Ilustrasi uang (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Niat hati uang tabungan digunakan untuk membangun rumah, Irwanuari Kiswanto harus menelan pil pahit usai jadi korban penipuan orang tak dikenal dengan modus undian berhadiah. Tabungan driver ojek online (ojol) asal Semarang, Jawa Tengah yang sudah dikumpulkan senilai Rp 65 juta itu lenyap dalam sekejap. 

Irwanuari telah melaporkan kejadian itu ke Polrestabes Semarang, Selasa 19 April 2022 pukul 15.30 WIB.

Adapun kronologi kejadian kata Irwanuari, bermula saat dia mendapatkan panggilan telepon melalui aplikasi WhatsApp, Selasa 19 April 2022 pukul 11.44 WIB. 

Saat itu penipu mengaku dari bank dan menawarkan Irwanuari dengan undian berhadiah. Pelaku lalu mengirimkan sebuah link dengan alasan untuk melihat poin di bank.

Seakan terhipnotis, dia melakukan semua yang diperintahkan oleh penelepon tersebut. Irwanuari juga diminta memberikan kode one time password (OTP) kepada penelepon itu.

Setelah mendapatkan apa yang diinginkan, si penelepon memblokir nomor Irwanuari dan menghapus beberapa chat.

Adapun nomor telepon yang menghubungi dirinya adalah 1(401)777-7910.

Sebelum akhirnya mengangkat panggilan tersebut, Irwanuari mengungkapkan, sudah dua kali mendapatkan telepon dari nomor yang tak dikenal, tapi tidak diangkat.

Sontak saja,saat diperiksa uang ditabungannya ludes. 

 

Tabungan di BRI berjumlah Rp 31 dan BCA 34 juta.  Irwanuari kemudian mendatangi kantor BRI dan BCA untuk melaporkan kejadian itu.

"Akhirnya bank saya diblokir untuk mengantisipasi transaksi lain yang bisa diambil oleh penelepon itu," ujar Irwanuari, Kamis 21 April 2022.